Senin, 13 September 2010

Pasukan Khusus Yanisari


Yanisari atau Jannisaries dalam bahasa barat adalah sekumpulan tentara pilihan dan elit pada masa berkuasanya Turki Ottoman.Andil mereka dalam berperang sangat menentukan.Umumnya para Jannisaries menyandang sebuah senapan kuno,namun sebenarnya mereka lebih ke “ninja” daripada  sekedar “penembak”.Mereka sering ditugaskan menyamar dan melakukan Spionase di kerajaan musuh.Tak tanggung-tanggung mereka mendapat risiko bahwa bila mereka tertangkap musuh saat menyamar,Kerajaan Turki Ottoman tak akan mengakui kalau orang yang tertangkap itu mata-mata Turki.Jadi Semua Jannisaries harus menanggung beban kematian di tangan sendiri dan mereka harus siap!

Peran mereka sangat terbukti saat berkobarnya peperangan antara mereka dengan Orde Naga saat bertempurnya Turki Ottoman dengan Wallachia pada masa Zaman Dracula.Benteng kuat Konstantinopel (sekarang istanbul) pun ditembus mereka saat bertempur melawan kerajaan Bizantium.Pasukan khusus Ottoman Turki ini pula yang akhirnya menamatkan riwayat Drakula, Sang Pengkhianat.Mereka juga sempat bertugas semasa PD-I di tanah arab membendung pasukan Inggris di Tripoli.

Sejarah Yanisari tak bisa dilepaskan dari munculnya Kapikulu. Kapikulu merupakan pasukan khusus yang pada awalnya digunakan untuk mengawal dan melindungi keluarga kerajaan. Sebagian besar anggota Kapikulu merupakan tawanan perang yang kemudian memeluk Islam. Mereka ini kemudian dilatih menjadi pribadi-pribadi tangguh dengan tugas utama mengawal raja dan keluarga kerajaan dari ancaman musuh. Dari anggota Kapikulu yang terbaik inilah anggota Yanisari direkrut.

Keanggotaan Yanisari makin meningkat saat Murad II naik tahta. Selain untuk melawan Orde Naga (Pasukan khusus yang dimiliki pasukan salib), Yanisari juga digunakan untuk melindungi Sultan dari lawan politiknya. (masa Sultan Murad II merupakan masa perang saudara yang berlangsung cukup lama). Selain mengambil orang-orang pilihan dari Kapikulu, Yanisari juga terdiri dari pemuda-pemuda Turki dan keluarganya.

Sebagai unit khusus dan sangat rahasia, perekrutan anggota Yanisari sangatlah tertutup. Siapapun yang menjadi anggota Yanisari, maka keluarganyapun tidak akan mengetahuinya, dan rahasia tersebut akan dibawa sampai ajal menjemput. Untuk menjaga kerahasiaan inilah perekrutan dilakukan secara turun temurun. Misal ketika seorang bapak menjadi anggota Yanisari, maka ia akan mempersiapkan anaknya untuk menjadi anggota Yanisari. Dan saat sang bapak meninggal atau pensiun, maka keanggotaannya akan diteruskan oleh sang anak. Tradisi ini dijaga sampai berabad-abad kemudian. Anggota Yanisari mendapatkan gaji tetap yang dibayarkan setiap tiga bulan sekali. Mereka juga diberikan sebuah lencana dari sultan untuk membedakan mereka dari prajurit lain. Lencana inilah yang akan diwariskan oleh seorang bapak kepada anaknya bila sang bapak akan pensiun.

Sebagai pasukan khusus, Anggota Yanisari dilengkapi dengan senjata api dan semacam granat tangan. Pada masa itu, senjata api adalah senjata paling modern dan hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menggunakannya. Selain dilatih cara berperang, anggota Yanisari juga dibekali dengan ketrampilan lain seperti memasak, mengobati, memasang senjata dan kerja-kerja teknis lain. Diharapkan dengan ini pasukan Yanisari mampu bertahan dalam segala situasi.

Komando Yanisari dipegang langsung oleh sultan dan hanya sultan yang mengetahui siapa saja anggota Yanisari. Dengan system ini tak mengherankan Yanisari berkembang sangat solid dan rahasia. Para Jannisaries ini kehilangan status mereka semasa bubarnya kerajaan Turki Ottoman.Pasukan ini dibubarkan dan anggotanya menyebar ke pelosok dunia,ada yang menetap di Turki,menjadi perompak,tentara bayaran,pengelana,dll. Namun,beberapa versi cerita menyatakan Yanisari tetap Eksis hingga masa kini namun mereka bersembunyi dan merahasiakan keberadaan mereka,serupa dengan Orde Naga.Sepertinya mereka masih ngotot melawan Orde naga setelah ratusan tahun dan berniat membongkar rahasia Orde naga..
Post title : Pasukan Khusus Yanisari
URL post : http://manuskripdunia.blogspot.com/2010/09/pasukan-khusus-yanisari.html

2 komentar:

VEGA™ mengatakan...

:l:

VEGA™ mengatakan...

https://4.bp.blogspot.com/-qvyg76L2XP8/TdpZ13sO-ZI/AAAAAAAACKs/8_TMu0xAaWQ/s1600/cz26.gif

Show Emoticons

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :q: :s:

Posting Komentar